Sebagai muslim kita bersaudara. maka marilah kita perkuat ukhuwah islamiyah tanpa melihat golongan apapun kita dari suku manakah kita, tapi bersatulah karena Allah SWT.

Monday, December 29, 2008

"SELAMAT TAHUN BARU"

Setiap hari yang kita jalani tak terlepas dari perbuatan baik ataupun buruk. Setiap waktu kita menjalaninya, menambah amal, menambah dosa jika kita bermaksiat, menyenangkan orang lain atau menyakiti orang lain. Tak terasa tahun demi tahun berlalu, tapi terkadang kita tak dapat mengukur dengan akurat dan jelas apakah kita mengalami perbaikan diri atau penurunan.Tanpa ada data yang dapat dilihat dan diukur, kita hanya bisa menerka, insya Allah saya lebih baik dari tahun kemarin atau saya mengalami penurunan ibadah dari tahun kemarin.Alangkah baiknya jika kita memiliki semacam lembar evaluasi diri yang dibuat seperti buku harian, tapi bukan hanya menceritakan hal-hal yang membahagiakan dan menyedihkan saja, kita bisa mengisi buku harian itu dengan rentetan peristiwa yang telah kita lalui pada hari itu terutama yang berhubungan dengan orang lain.

SELAMAT TAHUN BARU 1430 HIJRIYAH
&
SELAMAT TAHUN BARU 2009

Untuk itulah kita sangat memerlukan lembar evaluasi diri ini, agar kita selalu bisa mengontrol gerak-gerik kita, mencatatnya dan yang paling penting menjadi bahan perenungan dan muhasabah. Entah berapa lembar halaman atau berapa banyak buku yang bisa menampung semua itu karena kita pun tak pernah tau sampai kapan penulisan akan catatan amal/dosa kita akan berakhir. Saat tak ada kesempatan berbuat baik dan jahat, saat roh sudah terpisah dengan jasad.

Semoga di tahun yang baru ini kita diberikan kemudahan dan keistiqomahan
dalam menjalankan tugas dan kewajiban kita.


Jazaakumullooh khoiron katsiiroo 'ala kulli haal




0 komentar:

Post a Comment