Sebagai muslim kita bersaudara. maka marilah kita perkuat ukhuwah islamiyah tanpa melihat golongan apapun kita dari suku manakah kita, tapi bersatulah karena Allah SWT.

Saturday, January 17, 2009

Umat Islam Bersatulah, Sambut Panggilan Gaza


Tidak ada takdir Allah yang sia-sia. Pasti ada hikmahnya, walaupun takdir itu sekilas tak disukai manusia. Juga, hikmah itu mungkin tersembunyi (blessing in disguise) , baru disadari belakangan. Begitu pun agresi Israel atas Palestina. Bagaimanapun, serangan ini telah membangkitkan ghirah ukhuwah Islamiyyah sedunia untuk membantu saudara-saudara seiman di bumi Palestina. Termasuk umat Islam di Indonesia.

“Duhai orang beriman, inginkah kalian Kutunjukkan pada suatu perniagaan yang menyelamatkan kalian dari adzab yang pedih. Kalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kalian berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa kalian” (Ash-Shaf: 10-11).

Rasulullah SAW berwasiat: “Dinar yang paling utama yang dibelanjakan adalah dinar yang dibelanjakan untuk keluarganya, dinar yang dibelanjakan untuk kendaraannya di jalan Allah, dan dinar yang diinfakkan untuk rekan-rekannya (yang tengah berjuang) di jalan Allah.” (Muslim).

Memang, Indonesia sendiri juga masih sangat butuh banyak perhatian. Tapi, di negeri ini jihad (qital=perang) belum dibutuhkan. Berbeda dengan Palestina, yang sangat membutuhkan dukungan jihad. Baik secara langsung berupa prajurit dan peralatan militer, maupun secara tak langsung berupa dana, logistik, dan medis.

Ketika Palestina dan kaum muslimin sekitarnya belum cukup mampu untuk melawan Israel, maka kewajiban jihad meluas ke belahan dunia lain. Termasuk Indonesia, sebagai negeri Muslim terbesar di dunia.

Alhamdulillah, masalah Palestina sejak awal selalu menjadi agenda Muslim Indonesia pada umumnya (mainstream). Dari persoalan inilah, ‘’lahir’’ LSM semacam KISDI (Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam), KISPA (Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina), dan lain-lain. PKS (Partai Keadilan Sejahtera) pun bisa dikatakan turut dibidani oleh persoalan Palestina.

Kini, ormas-ormas Islam pun ber-fastabiqul khairat menyokong perjuangan Palestina. Baik lewat aksi demo, orasi, tulisan, diplomasi, maupun pengiriman tim bantuan kemanusiaan.



0 komentar:

Post a Comment